Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.authorManik, Olivia Jescca
dc.date.accessioned2023-05-11T09:29:22Z
dc.date.available2023-05-11T09:29:22Z
dc.date.issued2022-03-07
dc.identifier.urihttp://repositori.wbi.ac.id//handle/123456789/268
dc.description.abstractKualitas layanan merupakan kunci sukses suatu bisnis karena akan menentukan kepuasan konsumen dan ini di wilayah manapun termasuk di wilayah Parapat. Pertumbuhan pangsa pasar ritel modern di Parapat membuat persaingan semakin ketat, secara khusus di Indomaret dan Alfamart di Parapat. Jumlah penjualan Alfamart tahun 2020 lebih besar dari Indomaret, yang kalau dilihat dari perspektif kualitas layanan maka hal ini terjadi karena kualitas layanan Alfamart lebih baik dari Indomaret, sehingga Alfamart lebih diminati oleh konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas layanan di antara Indomaret dan Alfamart di Parapat. Penelitian ini menggunakan teori Dimensions of Servqual yang dikemukakan oleh Valerie A. Zheitaml, A Parasuraman, dan Leonard L. Berry yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Parapat, dimana terdapat gerai Indomaret dan Alfamart yang berdekatan. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan Indomaret atau Alfamart yang berada di lokasi penelitian, sementara sampel penelitian yaitu sebanyak 100 (seratus) responden yang berasal dari 50 (lima puluh) pelanggan Indomaret dan 50(lima puluh) pelanggan Alfamart. Teknik pengumpulan data menggunakan metode accidental sampling, yaitu dengan menyebar angket. Teknik pengujian menggunakan uji hipotesis Independent Sample t-Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perbandingan rata-rata Alfamart pada dimensi reliability, responsiveness, assurance, dan empathy lebih baik dari Indomaret. Walau demikian secara statistik perbedaan itu tidak signifikan seperti ditunjukkan oleh hasil uji Independent Sample t-Test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas layanan di antara Indomaret dan Alfamart di Parapat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPSMPIen_US
dc.subjectKualitas Layananen_US
dc.subjectIndomareten_US
dc.subjectAlfamarten_US
dc.titleANALISIS PERBEDAAN KUALITAS LAYANAN DI ANTARA INDOMARET DAN ALFAMART DI PARAPATen_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana