ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS LAYANAN DI ANTARA INDOMARET DAN ALFAMART DI PARAPAT
Abstract
Kualitas layanan merupakan kunci sukses suatu bisnis karena akan menentukan kepuasan konsumen dan ini di wilayah manapun termasuk di wilayah Parapat. Pertumbuhan pangsa pasar ritel modern di Parapat membuat persaingan semakin ketat, secara khusus di Indomaret dan Alfamart di Parapat. Jumlah penjualan Alfamart tahun 2020 lebih besar dari Indomaret, yang kalau dilihat dari perspektif kualitas layanan maka hal ini terjadi karena kualitas layanan Alfamart lebih baik dari Indomaret, sehingga Alfamart lebih diminati oleh konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
kualitas layanan di antara Indomaret dan Alfamart di Parapat. Penelitian ini menggunakan teori Dimensions of Servqual yang dikemukakan oleh Valerie A. Zheitaml, A Parasuraman, dan Leonard L. Berry yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Parapat, dimana terdapat gerai Indomaret dan Alfamart yang berdekatan. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan Indomaret atau Alfamart
yang berada di lokasi penelitian, sementara sampel penelitian yaitu sebanyak 100 (seratus) responden yang berasal dari 50 (lima puluh) pelanggan Indomaret dan 50(lima puluh) pelanggan Alfamart. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode accidental sampling, yaitu dengan menyebar angket. Teknik pengujian menggunakan uji hipotesis Independent Sample t-Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perbandingan rata-rata Alfamart pada dimensi reliability, responsiveness, assurance, dan empathy lebih baik dari Indomaret. Walau demikian secara statistik perbedaan itu tidak signifikan seperti
ditunjukkan oleh hasil uji Independent Sample t-Test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas layanan di antara Indomaret dan Alfamart di Parapat.