Show simple item record

dc.contributor.advisorLaurensius, Ferry
dc.contributor.authorSaragih, Firmando
dc.date.accessioned2021-02-09T07:28:26Z
dc.date.available2021-02-09T07:28:26Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repositori.wbi.ac.id/handle/123456789/97
dc.descriptionx, 77 p.
dc.description.abstractPajak merupakan sumber pendapatan negara terbesar di Indonesia dan digunakan untuk keperluan masyarakat. Dalam melaksanakan pemenuhan kewajiban perpajakan di Indonesia pemerintah memberikan account representative sebagai aparatur negara yang membantu Wajib Pajak Badan untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Account representative diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak Badan di Indonesia, dengan memberikan pelayanan dan pengawasan secara optimal. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung variabel pelayanan account representative terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan melalui variabel intervening yaitu kepuasan Wajib Pajak badan di KPP Pratama Medan Polonia. Metode dalam penelitian ini adalah metode Kuantitif deskriptif dan menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data yang disebarkan kepada responden. Penelitian ini menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah responden. Kuesioner diberikan kepada 99 Wajib Pajak Badan yang terdaftar di KPP Pratama Medan Polonia dan analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif serta analisis jalur. Dalam hasil analisis jalur pelayanan account representative (X) berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan (Y) melalui kepuasan Wajib Pajak badan (Z). Pada penelitian ini diketahui juga bahwa Pelayanan account representative (X) berpengaruh terhadap kepuasan Wajib Pajak badan (Z), dan Kepuasan Wajib Pajak badan (Z) mempunyai pengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan (Y).id
dc.description.abstractTaxes are the largest source of state income in Indonesia and are used for community needs. In fulfilling tax obligations in Indonesia, the government provides an account representative as a state apparatus that helps Corporate Taxpayers to fulfill their tax obligations. Account representatives are expected to improve compliance with corporate taxpayers in Indonesia, by providing optimal services and supervision. This research was conducted at the Medan Polonia Tax Office with the aim of research to determine the direct effect of the account representative service variable on corporate taxpayer compliance through an intervening variable, namely corporate taxpayer satisfaction at KPP Pratama Medan Polonia. The method in this research is descriptive quantitative method and uses a questionnaire as a data collector that is distributed to respondents. This study uses the Slovin formula to determine the number of respondents. The questionnaire was given to 99 corporate taxpayers registered at KPP Pratama Medan Polonia and the analysis in this study used descriptive analysis and path analysis. In the analysis result, account representative service line (X) has no effect on corporate taxpayer compliance (Y) through corporate taxpayer satisfaction (Z). In this study it is also known that account representative service (X) has an effect on corporate taxpayer satisfaction (Z), and corporate taxpayer satisfaction (Z) has an effect on corporate taxpayer compliance (Y).en
dc.publisherPoliteknik Wilmar Bisnis Indonesiaen_US
dc.subjectKepatuhan Wajib Pajak Badanid
dc.subjectKepuasan Wajib Pajak Badanid
dc.subjectPelayanan Account Representativeen_US
dc.titlePengaruh Pelayanan Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Melalui Kepuasan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Poloniaid
dc.typeStudent Paperen_US
dcterms.referencesAhmad, A. Kertahadi. Dan Rizki Y, D, 2016. Pengaruh Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Administrasi Perpajakan : 28-29 Aprila, Hani. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Salemba Empat Darmawanto. 2015. Analisis Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Badan Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madya Malang. Vol. 15 Direktorat Jenderal Pajak. 2020. Laporan Kinerja Tahun 2019 Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta Ni Ketut Muliari. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis : 27-29 Komala, Kirana Cipta. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Universitas Brawijaya. Skripsi. Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia Lukman, Sampara & Sugiyanto: 2001. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima. Buku Ajar Diklatpim Tingkat III Marieta, A. & Rubiatto, B. 2018. Pengaruh Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Variabel Intervening Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik : 27-28 Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No 79 Tahun 2015 Tentang Account Representative Pada Kantor Pelayanan Pajak, Jakarta Nurmantu, Safri. 2010. Pengantar Perpajakan. Jakarta: Kelompok Yayasan Obor Pasolong, Harbani, 2007, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung. Simamora Patar. 2010. Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak Atas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Survei pada Kantor Pelayanan Pajak Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi. 24-26 Rahayu, Dewi. 2017. Penyebab Wajib Pajak Tidak Patuh. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 14-15 Rangkuti, Fredy. 2006. Measuring Customer Satisfaction Cetakan ke-3. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Razali, and Ferawati. 2019. “Kepemilikan Institusional Dan Transparansi Informasi Terhadap Penghindaran Pajak: Sebelum, Saat, Dan Setelah Tax Amnesty.” Jurnal Ekonomi Perjuangan 1 (2): 74–88. Silalahi, Sixvana. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak dan Penerimaan Pajak. Universitas Brawijaya: Skripsi: 27-28 Siti Kurnia Rahayu. 2010. Perpajakan Indonesia, Yogyakarta : Graha Ilmu Sugiyono. 2017. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
dc.identifier.nim1602010023


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record