Pengaruh Pelayanan Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Melalui Kepuasan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia
Abstract
Pajak merupakan sumber pendapatan negara terbesar di Indonesia dan digunakan
untuk keperluan masyarakat. Dalam melaksanakan pemenuhan kewajiban
perpajakan di Indonesia pemerintah memberikan account representative sebagai
aparatur negara yang membantu Wajib Pajak Badan untuk memenuhi kewajiban
perpajakannya. Account representative diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan
Wajib Pajak Badan di Indonesia, dengan memberikan pelayanan dan pengawasan
secara optimal.
Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia dengan
tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung variabel pelayanan account
representative terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan melalui variabel intervening
yaitu kepuasan Wajib Pajak badan di KPP Pratama Medan Polonia.
Metode dalam penelitian ini adalah metode Kuantitif deskriptif dan menggunakan
kuesioner sebagai pengumpul data yang disebarkan kepada responden. Penelitian
ini menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah responden. Kuesioner
diberikan kepada 99 Wajib Pajak Badan yang terdaftar di KPP Pratama Medan
Polonia dan analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif serta
analisis jalur.
Dalam hasil analisis jalur pelayanan account representative (X) berpengaruh
signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak badan (Y) melalui kepuasan Wajib
Pajak badan (Z). Pada penelitian ini diketahui juga bahwa Pelayanan account
representative (X) berpengaruh terhadap kepuasan Wajib Pajak badan (Z), dan
Kepuasan Wajib Pajak badan (Z) mempunyai pengaruh terhadap kepatuhan Wajib
Pajak badan (Y). Taxes are the largest source of state income in Indonesia and are used for
community needs. In fulfilling tax obligations in Indonesia, the government
provides an account representative as a state apparatus that helps Corporate
Taxpayers to fulfill their tax obligations. Account representatives are expected to
improve compliance with corporate taxpayers in Indonesia, by providing optimal
services and supervision.
This research was conducted at the Medan Polonia Tax Office with the aim of
research to determine the direct effect of the account representative service variable
on corporate taxpayer compliance through an intervening variable, namely
corporate taxpayer satisfaction at KPP Pratama Medan Polonia.
The method in this research is descriptive quantitative method and uses a
questionnaire as a data collector that is distributed to respondents. This study uses
the Slovin formula to determine the number of respondents. The questionnaire was
given to 99 corporate taxpayers registered at KPP Pratama Medan Polonia and the
analysis in this study used descriptive analysis and path analysis.
In the analysis result, account representative service line (X) has no effect on
corporate taxpayer compliance (Y) through corporate taxpayer satisfaction (Z). In
this study it is also known that account representative service (X) has an effect on
corporate taxpayer satisfaction (Z), and corporate taxpayer satisfaction (Z) has an
effect on corporate taxpayer compliance (Y).
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pelaporan PPH Pasal 23 Pada PT Panca Pilar Tangguh
Sibarani, Rio Sento Lukman (PSAP, 2022-02-02) -
Pemanfaatan Insentif Pajak Pada UMKM Onewood Craft Di Masa Pandemi Covid-19
Manalu, Vebry Br. (PSAP, 2022-02-15) -
Pengaruh Penerapan E Samsat dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Masa Pandemi Covid-19
Prayuda, Mhd Emiral (PSAP, 2022-01-25)Pengaruh Penerapan E-Samsat dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Masa Pandemi Covid-19 Pajak Kendaraan Bermotor salah satu penyumbang terbesar dalam penerimaan ...