Perencanaan Pemasaran Bibit Kentang Dari CV Bumi Agro Technology Di Desa Ria-Ria Kabupaten Humbang Hasundutan.
Abstract
Kentang merupakan tanaman sayuran yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Produksi kentang di Sumatera Utara pada tahun 2017-2021 mengalami peningkatan setiap tahunnya. Desa Ria-ria, dengan iklim dan cuaca yang cenderung dingin,
merupakan lokasi yang cocok untuk budidaya kentang. CV Bumi Agro Technology berperan sebagai perusahaan produsen bibit kentang varietas Granola, yang mampu membantu mendukung potensi budidaya kentang di Desa Ria-ria. Meskipun memiliki potensi besar, petani di Desa Ria-ria menghadapi permasalahan, yaitu ketersediaan bibit kentang berkualitas dan dalam jumlah memadai, serta risiko tinggi terkena penyakit dan serangan hama pada tanaman kentang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kriteria bibit kentang yang dibutuhkan di Desa Ria-Ria berdasarkan bauran pemasaran dan bagaimana perencanaan pemasaran untuk bibit kentang di Desa Ria-ria berdasarkan bauran pemasaran. Jenis penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan variabel penelitian produk, harga, promosi, tempat. Menggunakan metode analisis data deskriptif dan diolah dengan menggunakan alat analisis microsoft exel yang disajikan dalam bentuk tabel, gambar
dan uraian. Analisis tersebut menghasilkan bahwa kriteria bibit yang dibutuhkan oleh petani Desa Ria-ria merupakan bibit yang mampu menghasilkan produktivitas yang tinggi dengan minimal generasi G1 yang mampu tahan terhadap penyakit busuk daun
dan hama ulat penggerek dan dengan warna kuning. Maka CV BA perlu untuk meningkatkan mutu bibit yang diinginkan petani. Harga yang dapat dibayar oleh petani adalah senilai Rp.24.000. CV BA dan petani dapat mempertimbangkan kembali terkait
harga yang dapat dibayar oleh petani. Strategi promosi yang diinginkan adalah dengan melakukan demplot. Akses jarak yang dekat dengan toko dan kontak yang pasti menjadi hal yang penting bagi petani.