Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.authorNurdianti, Astri
dc.date.accessioned2024-05-02T03:39:26Z
dc.date.available2024-05-02T03:39:26Z
dc.date.issued2023-11-20
dc.identifier.urihttp://localhost:8080//handle/123456789/774
dc.description.abstractSektor pertanian memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Maraknya wabah COVID-19 di berbagai negara menyebabkan banyak masyarakat berupaya meningkatkan daya tahan tubuhnya. Salah satu usaha yang memproduksi produk peningkat daya tahan tubuh adalah Jetan. Namun hasil penjualan produk Jetan selama Pandemi COVID-19 tidak menunjukkan peningkatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perumusan strategi sebagai upaya untuk menghadapi dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini agar dapat bersaing dengan pesaing lain dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui komposisi/resep minuman jahe instan yang disukai oleh konsumen, (2) untuk mengetahui strategi pengembangan usaha Jetan dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini telah dilakukan pada Oktober - Desember 2022 di Deli Serdang, Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif, Matriks SWOT, Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (Eksternal Factor Evaluation- EFE Matriks), Matriks Evaluasi Faktor Internal (Internal Faktor Evaluasion-IFE Matriks) dimana pertanyaan yang diajukan melalui kuesioner memiliki jawaban yang disusun berdasarkan semantic scale (Skala Semantic). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi/resep minuman jahe instan yang paling disukai oleh konsumen berada pada formula RJJ (Rasa jahe Jetan) dengan sensasi rasa dan aroma rempah yang terasa, dan serbuk berwarna kuning kecoklatan. Strategi pengembangan yang paling tepat diterapkan oleh usaha Jetan adalah strategi agresif (menyerang) dengan nilai tertimbang matriks internal Factor Evaluasion (IFE Matriks) adalah 3,05 yang mengindikasikan bahwa posisi usaha Jetan memiliki posisi internal yang sangat kuat. Sedangkan nilai tertimbang Matriks Eksternal Factor Evaluasion (EFE Matriks) adalah 2,58 yang mengidikasikan bahwa usaha Jetan dalam menghadapi dinamika lingkungan eksternal posisi perusahaan relatife kuat.en_US
dc.publisherPSAHen_US
dc.subjectJahe Instanen_US
dc.subjectAnalisis SWOTen_US
dc.subjectMatriks IFE dan EFEen_US
dc.subjectStrategi Penjualanen_US
dc.subjectJetanen_US
dc.titlePerancangan Strategi Penjualan Jetan Menggunakan Metode Analisis Swoten_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana