Pengaruh Produk Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Kabupaten Pakpak Bharat (Studi kasus Objek Wisata Air Terjun Simbilulu)
Abstract
Bagaimana produk wisata mempengaruhi minat berkunjung wisatawan untuk singgah di Kabupaten Pakpak Bharat yang merupakan rumah bagi Air Terjun Simbilulu. Produk Wisata (X) dalam penelitian ini meliputi atraksi wisata, fasilitas wisata,
aksesibilitas wisata, citra destinasi, dan harga. Semuanya merupakan variabel bebas (variabel independen). Minat berkunjung (Y), yang meliputi keingintahuan pengunjung, ketertarikan pengunjung, kenyamanan pengunjung, dan kepuasan pengunjung,
merupakan variabel dependen (variabel terikat). Responden dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berminat dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik analisis data dan alat uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 25.Berdasarkan hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa produk wisata memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan.Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada pihak pengelola objek wisata Air Terjun Simbilulu agar bisa memperbaiki dan menambah produk wisata yang terdapat di objek wisata Air Terjun Simbilulu tersebut, terutama dalam hal atraksi wisata.Sehingga dapat meningkatkan minat berkunjung wisatawan di objek wisata Air Terjun Simbilulu.Kata kunci: Produk wisata, Minat berkunjung