Penilaian Efektivitas Bauran Pemasaran Jasa Pada Keputusan Pembelian Nasabah Kredit di PT. BPR Cempaka Mitra Nagari
Abstract
Banyaknya perbankan yang bermunculan membuat persaingan semakin ketat yang berpengaruh pada penurunan jumlah nasabah kredit dari Desember 2019 hingga 30 September 2022, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pengaruh bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik) pada keputusan pembelian nasabah kredit di PT. BPR Cempaka Mitra Nagari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi melingkupi seluruh nasabah kredit yang tercatat pada PT. BPR Cempaka Mitra Nagari sampai tanggal 30 September 2022. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 56 responden dengan menggunakan teknik sampling accidental. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan produk (product) dan harga (price) berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian nasabah kredit di PT. BPR Cempaka Mitra Nagari, sedangkan tempat (place), promosi (promotion), proses (process), orang (people), dan bukti fisik (physical evidence) tidak berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian nasabah kredit di PT. BPR Cempaka Mitra Nagari