Analisis Pengaruh Penggunaan Komunikasi Pemasaran terhadap Minat Menabung Tabungan Emas di PT. Pegadaian CP Krakatau.
Abstract
Dalam menentukan strategi pemasaran, diperlukan komunikasi yang tepat antara pemilik perusahaan atau pemangku bisnis dengan calon konsumen, tujuannya untuk membangun interaksi yang baik antara kedua belah pihak. Jika interaksi sudah terjalin dengan baik melalui komunikasi, maka pemasaran dari produk ataupun jasa akan lebih tertarget. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan memanfaatkan data utama dan data pendukung. Dalam rangkaian penelitian ini, setiap bagian dari populasi diberikan peluang yang setara untuk menjadi bagian dari sampel, dimana terdapat 125 responden.Berdasarkan hasil uji t, diketahui variabel advertising, public relation dan direct marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan pada minat menabung Tabungan Emas di PT. Pegadaian CP Krakatau. Dari hasil uji F dan R2, diketahui variabel komunikasi pemasaran yang mencakup advertising, sales promotion, personal selling, public relation dan direct marketing secara simultan memiliki pengaruh positif sebesar 57.8% pada minat menabung Tabungan Emas di PT. Pegadaian CP Krakatau