Pengembangan Model Bisnis UMKM Tabo Bakery
Abstract
Pengembangan Model Bisnis UMKM Tabo Bakery. Dibimbing oleh Dr.Mukdin M. Turnip dan Bapak Binsar Sihombing S.E. M.Si
Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan bisnis model canvas dan menciptakan design tranformasi bisnis. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Tabo Bakery dengan kategori bisnis culinary. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yakni menjelaskan dan menggambarkan secara mendalam proses bisnis ataupun situasi dari objek yang diteliti yakni UMKM Tabo Bakery. Data dari penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara secara langsung oleh dengan owner Tabo Bakery sehingga dapat diperoleh gambaran yang jelas mengenai penerapan bisnis model canvas pada UMKM Tabo Bakery. Deskripsi umum dianalisis menggunakan bisnis model canvas dan juga peta empati pelanggan, dimana nantinya akan menghasilkan strategi pengembangan transformasi UMKM Tabo Bakery yang akan memfokuskan pada segmen pelanggan yang akan berpengaruh pada penyampaian proposisi nilai dan juga sumber daya mereka, serta dapat meningkatkan bagaimana cara penyampaian proposisi nilai melalui channel yang lebih tepat dan juga menjalin hubungan yang baik dengan pelanggannya, sehingga dapat menghasilkan pendapatan dari penjualan produk – produk dari Tabo Bakery.