Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) dan Penetapan Harga Dari Inovasi Model Bisnis Aleena Label
Abstract
Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) dan Penetapan Harga Dari Inovasi Model Bisnis Aleena Label. Dibimbing oleh Dr. Chandra Situmeang, S.E., M.S.M., M.Pd., Ak.,CA., CPA. dan MARYAM MONIKA RANGKUTI, S.E., M.Si. Persaingan bisnis di era digital marketing semakin ketat. Para pelaku usaha dituntut harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan peluang yang ada. Para pelaku usaha juga harus mampu mendesain model keputusan yang tepat agar dapat bertahan dalam industrinya, salah satunya dengan cara menciptakan inovasi baru yang unik yang bertujuan untuk menambah nilai dari produk tersebut. Tujuan dari pendirian suatu usaha salah satunya adalah memperoleh laba, maka para pelaku usaha harus dapat memperhitungkan seluruh biaya-biaya yang ada sehingga dapat ditentukan laba serta harga jual dari produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu para pelaku usaha agar dapat dengan mudah mengimplementasikan Cost-Volume-Profit sebagai alat bantu perencanaan laba dan perhitungan harga pokok produksi setelah melakukan inovasi bisnis untuk penetapan harga jual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method yang menggabungkan antara data kualitatif dengan kuantitatif. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian inovasi model bisnis selama satu bulan dengan menggunakan Business Model Canvas, Progress Board, Testing Card dan Learning Card. Dari hasil analisis ditemukan bahwa inovasi yang dilakukan mendapatkan dampak positif dengan meningkatnya insight serta pendapatan melalui Shopee. Total dari marjin kontribusi Aleena Label sebesar Rp 2.818.324. Aleena Label berada di titik impas apabila mendapatkan penjualan sebesar Rp 5.119.241 atau setara dengan 58 unit produk. Titik keamanan (Margin of Safety) Rp 7.251.759 dengan penjualan sebanyak 81 unit. DOL sebesar 1,71 atau 171% yang artinya apabila penjualan pada bisnis rintisan Aleena Label naik 100% maka perusahaan akan mendapatkan kenaikan laba sebesar 171%. Target laba Aleena Label sebesar 30% maka Aleena Label harus mampu menjual
sebanyak 241 unit dan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 3.711.300. Pada penetapan harga apabila Aleena Label menginginkan laba sebesar 30% namun unit yang dijual sesuai dengan total unit dalam satu kali masa produksi sebanyak 139 unit. Maka Aleena Label dapat menaikkan harga jual sebesar Rp 100.249 dengan total HPP sebesar Rp 77.115 selisih Rp 23.134 dan terjadi peningkatan harga jual dari Rp 89.000 menjadi Rp100.249. Jika Aleena Label berhasil menjual 139 unit dengan harga Rp 100.249 maka akan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 3.215.678.