Pengembangan Model Bisnis dan Strategi Pemasaran UMKM Saroha Farm untuk Produk Snack Tobatos. Dibimbing oleh BINSAR SIHOMBING, S.E., M. Si dan Dr. MUKDIN M. TURNIP, MS. Dewan United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menyepakati Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 di Paris (07/07/2020). Salah satu UMKM yang berada disekitar kawasan Kaldera Toba dan tergabung kedalam Asosiasi UMKM Kaldera Toba adalah Saroha Farm. Usaha tersebut didirikan tahun 2016. Snack Tobatos merupakan produk pilihan prioritas yang akan dikembangkan oleh pemilik usaha Saroha Farm. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membantu UMKM Saroha Farm dalam merancang model bisnis serta merancang strategi pemasaran produk Snack Tobatos yang dapat digunakan oleh UMKM untuk mencapai bisnis yang optimal dan memperluas jangkauan pasar. Model Bisnis menggunakan alat bantu Bisnis Model Kanvas. Sedangkan Uji pasar menggunakan metode komparatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah UMKM Saroha Fram mempunyai produk yang dapat diterima pasar. Walaupun demikian, Saroha Farm harus meningkatkan kualitas dan inovasi produk yang lebih baik. Selain itu, agar UMKM dapat semakin berkembang dan memperluas pasar maka pemilik usaha perlu melakukan pengembangan dalam model bisnis dan menyusun strategi pemasaran dengan menggunakan 9 blok BMC dan 4 bauran pemasaran.
Abstract
Pengembangan Model Bisnis dan Strategi Pemasaran UMKM Saroha Farm untuk Produk Snack Tobatos. Dibimbing oleh BINSAR SIHOMBING, S.E., M. Si dan Dr. MUKDIN M. TURNIP, MS.
Dewan United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menyepakati Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 di Paris (07/07/2020). Salah satu UMKM yang berada disekitar kawasan Kaldera Toba dan tergabung kedalam Asosiasi UMKM Kaldera Toba adalah Saroha Farm. Usaha tersebut didirikan tahun 2016. Snack Tobatos merupakan produk pilihan prioritas yang akan dikembangkan oleh pemilik usaha Saroha Farm. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membantu UMKM Saroha Farm dalam merancang model bisnis serta merancang strategi pemasaran produk Snack Tobatos yang dapat digunakan oleh UMKM untuk mencapai bisnis yang optimal dan memperluas jangkauan pasar. Model Bisnis
menggunakan alat bantu Bisnis Model Kanvas. Sedangkan Uji pasar menggunakan metode komparatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah UMKM Saroha Fram mempunyai produk yang dapat diterima pasar. Walaupun demikian, Saroha Farm harus meningkatkan kualitas dan inovasi produk yang lebih baik. Selain itu, agar UMKM dapat semakin berkembang dan memperluas pasar maka pemilik usaha perlu melakukan pengembangan dalam model bisnis dan menyusun strategi pemasaran
dengan menggunakan 9 blok BMC dan 4 bauran pemasaran.
Koleksi
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Struktur Biaya Produk Pada Bisnis Rintisan AFDS Product (Eksperimentasi Proposisi Nilai dan Saluran Pemasaran)
Dilla S, Anisa Farhanna (PSAP, 2022-12-08)Analisis Struktur Biaya Produk Pada Bisnis Rintisan AFDS Product (Eksperimentasi Proposisi Nilai dan Saluran Pemasaran). Dibimbing oleh Dr. Chandra Situmeang, S.E., M.S.M., M.Pd., Ak., CA., CPA. dan . Maryam Monika Rangkuti, ... -
Rancangan Model Bisnis dan Strategi Pemasaran CV Andaliman Mangintir.
Firdaus, Angeliantika (PSMPI, 2022-09-13)Rancangan Model Bisnis dan Strategi Pemasaran CVAndaliman Mangintir. Dibimbing oleh Dr. Ir Mukdin M. Turnip, MS dan Binsar Sihombing, SE, M.Si. Andaliman merupakan rempah khas dari Sumatera Utara yang telah menjadi bagian ... -
Penerapan Model Bisnis dan Strategi Pemasaran pada UMKM KYTa
Daeli, Indah Kristiani (PSMPI, 2022-09-13)Penerapan Model Bisnis dan Strategi Pemasaran pada UMKM KYTa. Dibimbing oleh Dr. Ir. MUKDIN M. TURNIP, MS. dan BINSAR SIHOMBING, S.E.M.Si. UMKM merupakan salah satu penentu meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi ...