dc.description.abstract | Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang beroperasi dengan menghubungkan
satu sistem dengan sistem lainnya yang melibatkan banyak sumber daya manusia dan
teknologi, sehingga sistem pengendalian manajemen merupakan hal yang sangat
diperlukan untuk mengontrol perusahaan agar dapat berjalan sessuai dengan tujuan
perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana
pengaruh dari penerapan sistem pengendalian manajemen dengan model four levers
of control, yang terdiri dari belief system, boundary system, diagnostic control
system, dan interactive control system terhadap kinerja organisasi. Objek penelitian
ini adalah di PT. Multimas Nabati Asahan. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner sebagai metode
pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel belief system dan boundary
system secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja organisasi, sedangkan
variabel diagnostic control system dan interactive control system secara parsial
berpengaruh terhadap kinerja organisasi, dan penggunaan sistem pengendalian
manajemen dengan model four levers of control secara simultan berpengaruh
terhadap kinerja organisasi. | id |
dc.description.abstract | Manufacturing companies operate by connecting one system to another system that
involves a lot of human resources and technology. So, the management control
system helps company to run in accordance with its goals. The purpose of this study
is to analyze the effect of the implementation of management control system with the
four levers of control model, consisting of belief system, boundary system, diagnostic
control system, and interactive control system to organizational performance. The
object of this study is PT. Nabati Asahan. This research uses quantitative method
with literature study and questionnaire distribution as data collection method. The
data is analyzed using multiple linear regression analysis. The result of this study
shown that the belief system and boundary system partially did not affect
organizational performance, whereas the diagnostic control system and interactive
control system partially affected to organizational performance. And management
control system with the four levers of control model simultaneously affected to
organizational performance. | en |
dcterms.references | Adhitama, S. dan Aulia, D.R.R. 2017. Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen dengan Model Four Levers of Control Di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bea dan Cukai. Jurnal Info Artha. 1(1): 35-46.
Anggraeni, N.D. 2015. Pengaruh Good Governance dan Earning Power terhadap Manajemen Laba. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Unpas. Bandung.
Christiani, E. dan Hatane, S.E. 2014. Pengaruh Management Control System terhadap Firm Performance melalui Employee Motivation sebagai
Variabel Intervening (Studi Kasus pada Sektor Non Manufaktur di Surabaya). Business Acounting Revie.Vol. 3(2): hal 64-74
Febrinaldi. dkk. 2014. Pengaruh Kerangka Levers of Control (Loc) dan Organizational Learning terhadap Peningkatan Organizational Performance ” (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Kesehatan di Provinsi Sumatera Barat). Jurnal Jurusan Akuntansi FE Universitas Bung Hatta.
Horngren, C.T. dkk. 2014. Pengantar Akuntansi Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga
IAI. 2015. Akuntansi Manajemen Lanjutan. Modul Chartered Accountant, Jakarta pusat: IAI
Jacobs, R.F dan Chase, R.B. 2015. Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan. Jakarta: Salemba Empat
Kesuma, R.P. 2016. Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung dengan Model The Four
Levers of Control. Bandar Lampung: S.E. UNILA
Komalasari, Sanda, Rahmat Febrianto, Yurniwati Yurniwati, and Nilam Odang. 2019. “The Influence of Personal Value, Moral Philosophy, and Organizational Ethical Culture on Auditor Action and Acceptance for Dysfunctional Behavior.” In Proceedings of the Proceedings of the 1st International Conference on Finance Economics and Business, ICOFEB 2018, 12-13 November 2018, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. EAI. https://doi.org/10.4108/eai.12-11-2018.2288771.
Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPM
Manggu, S.A.R. 2016. Analisis Penerapan Four Levers of Control : Studi Kasus PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Jurnal Creative Ilmiah. Vol. 3, hal-64
Merchant, K.A. dan Van der Stede, W.A. 2014. Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Pandiangan, B. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Organisasional Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. EDP MULTI MEDAN. Jurnal Mutiara Manajemen, 2(1), 118-128.
Papat, N. dkk. 2012. Pengaruh Kerangka Levers of Control (Loc) dan Organizational Learning terhadap Peningkatan Organizational Performance ” (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Provinsi
Banten). Jurnal Jurusan Akuntansi FE Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Peggy, J. dan Fellita. 2017. Penerapan Levers of Control dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT Kalisari Citra Jaya. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Universitas Surabaya. 6(2): hal-167
Pertani, E. 2018 Analisis Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik dengan menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi kasus di Dinas
Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Timur, Kal-Teng). Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers
Sekaran, U. & Bougie, R. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Empat
Simons, R. 1995. Lever’s of Control: How Managers Use Innovative Control Systemto Drive Strategy Renewal. Boston. Harvard Business School Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
_____. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutoyo & Mahardika, D. 2015. Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Kasus pada
Pemerintah Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Buletin Ekonomi. 13(2): hal-160
Yuliana dan Hatane, S.E. 2017. Pengaruh Belief Control System dan Boundary Control System terhadap Customer Oriented measure dengan Moderasi Employee Oriented Measure. Business Accounting Review. 5(1): hal 421-432. | |