Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen dengan Model Four Levers of Control di Terhadap Kinerja Organisasi di PT. Multimas Nabati Asahan (MNA)
Abstract
Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang beroperasi dengan menghubungkan
satu sistem dengan sistem lainnya yang melibatkan banyak sumber daya manusia dan
teknologi, sehingga sistem pengendalian manajemen merupakan hal yang sangat
diperlukan untuk mengontrol perusahaan agar dapat berjalan sessuai dengan tujuan
perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana
pengaruh dari penerapan sistem pengendalian manajemen dengan model four levers
of control, yang terdiri dari belief system, boundary system, diagnostic control
system, dan interactive control system terhadap kinerja organisasi. Objek penelitian
ini adalah di PT. Multimas Nabati Asahan. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner sebagai metode
pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel belief system dan boundary
system secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja organisasi, sedangkan
variabel diagnostic control system dan interactive control system secara parsial
berpengaruh terhadap kinerja organisasi, dan penggunaan sistem pengendalian
manajemen dengan model four levers of control secara simultan berpengaruh
terhadap kinerja organisasi. Manufacturing companies operate by connecting one system to another system that
involves a lot of human resources and technology. So, the management control
system helps company to run in accordance with its goals. The purpose of this study
is to analyze the effect of the implementation of management control system with the
four levers of control model, consisting of belief system, boundary system, diagnostic
control system, and interactive control system to organizational performance. The
object of this study is PT. Nabati Asahan. This research uses quantitative method
with literature study and questionnaire distribution as data collection method. The
data is analyzed using multiple linear regression analysis. The result of this study
shown that the belief system and boundary system partially did not affect
organizational performance, whereas the diagnostic control system and interactive
control system partially affected to organizational performance. And management
control system with the four levers of control model simultaneously affected to
organizational performance.