Show simple item record

dc.contributor.authorMuknisah, Amiroh Lutfiah
dc.date.accessioned2023-05-11T08:00:21Z
dc.date.available2023-05-11T08:00:21Z
dc.date.issued2022-11-21
dc.identifier.urihttp://repositori.wbi.ac.id//handle/123456789/263
dc.description.abstractAnalisis Cost-Volume-Profit (CVP) dan Penetapan Harga Dari Inovasi Model Bisnis Aleena Label. Dibimbing oleh Dr. Chandra Situmeang, S.E., M.S.M., M.Pd., Ak.,CA., CPA. dan MARYAM MONIKA RANGKUTI, S.E., M.Si. Persaingan bisnis di era digital marketing semakin ketat. Para pelaku usaha dituntut harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan peluang yang ada. Para pelaku usaha juga harus mampu mendesain model keputusan yang tepat agar dapat bertahan dalam industrinya, salah satunya dengan cara menciptakan inovasi baru yang unik yang bertujuan untuk menambah nilai dari produk tersebut. Tujuan dari pendirian suatu usaha salah satunya adalah memperoleh laba, maka para pelaku usaha harus dapat memperhitungkan seluruh biaya-biaya yang ada sehingga dapat ditentukan laba serta harga jual dari produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu para pelaku usaha agar dapat dengan mudah mengimplementasikan Cost-Volume-Profit sebagai alat bantu perencanaan laba dan perhitungan harga pokok produksi setelah melakukan inovasi bisnis untuk penetapan harga jual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method yang menggabungkan antara data kualitatif dengan kuantitatif. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian inovasi model bisnis selama satu bulan dengan menggunakan Business Model Canvas, Progress Board, Testing Card dan Learning Card. Dari hasil analisis ditemukan bahwa inovasi yang dilakukan mendapatkan dampak positif dengan meningkatnya insight serta pendapatan melalui Shopee. Total dari marjin kontribusi Aleena Label sebesar Rp 2.818.324. Aleena Label berada di titik impas apabila mendapatkan penjualan sebesar Rp 5.119.241 atau setara dengan 58 unit produk. Titik keamanan (Margin of Safety) Rp 7.251.759 dengan penjualan sebanyak 81 unit. DOL sebesar 1,71 atau 171% yang artinya apabila penjualan pada bisnis rintisan Aleena Label naik 100% maka perusahaan akan mendapatkan kenaikan laba sebesar 171%. Target laba Aleena Label sebesar 30% maka Aleena Label harus mampu menjual sebanyak 241 unit dan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 3.711.300. Pada penetapan harga apabila Aleena Label menginginkan laba sebesar 30% namun unit yang dijual sesuai dengan total unit dalam satu kali masa produksi sebanyak 139 unit. Maka Aleena Label dapat menaikkan harga jual sebesar Rp 100.249 dengan total HPP sebesar Rp 77.115 selisih Rp 23.134 dan terjadi peningkatan harga jual dari Rp 89.000 menjadi Rp100.249. Jika Aleena Label berhasil menjual 139 unit dengan harga Rp 100.249 maka akan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 3.215.678.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPSAPen_US
dc.subjectcost-volume-profiten_US
dc.subjectpenetapan hargaen_US
dc.subjectinovasi model bisnisen_US
dc.subjectkertas kerjaen_US
dc.subjectbusiness model canvasen_US
dc.titleAnalisis Cost-Volume-Profit (CVP) dan Penetapan Harga Dari Inovasi Model Bisnis Aleena Labelen_US
dc.typeWorking Paperen_US
dcterms.referencesAnggraini, W., & Noviarita, H. (2021). The Effect of Life Style and Islamic Branding on Consumer Decisions in Buying Muslim Gamis Fashion Products in Bandar Lampung. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 4(1), 29. https://doi.org/10.54268/baskara.4.1.29-36 Astuty, Widia. (2014). Akuntansi Manajemen: Informasi bagi Manajemen untuk Perencanaan, Pengendalian dan Pengambilan Keputusan Bisnis. Bandung:Citapustaka Media Perintis. Bhayangkara, A., & Zifi, M. P. (2016). Perhitungan Harga Pokok Pesanan untuk Menetapkan Harga Jual (Studi Kasus pada Usaha Riau Alumunium). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 9(November), 28–37. Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Bandung: Alfabeta, 2011) hlm. 169. Carter, W. K. (2009). Akuntansi Biaya : Cost Accounting, Buku 2, Edisi 14. Salemba Empat. Dewi, S. P., & Kristanto, S. B. (2013). Akuntansi Biaya. Jakarta: In Media Dinar Standard. (2020). State of the Global Islamic Economy Report Thriving in Uncertainty. DinarStandard, 1–178. https://cdn.salaamgateway.com/special- coverage/sgie19-20/full-report.pdf Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik (Yogyakarta: Andi, 2012), hlm.315. Global Innovation Index. (2014). The global innovation index 2014, the human factor in innovation. Retrieved September 21, 2015, from https://www.globalinnovationindex.org/userfiles/file/reportpdf/GII2014-v5.pdf Hana, U. (2013). Competitive advantage achievement through innovation and knowledge. Journal of Competitiveness, 5(1), 82-96.Indonesia. Hongren, Charles, T. (2005). Akuntansi Manajemen. Erlangga, Jakarta. Linda Rania. (2018). . Pengaruh Tren Busana Muslimah Terhadap Gaya Busana Kuliah Muslimah Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Martiana, A., Maesyaroh, & Sobar. (2018). Motivation and obstacles faced by women halal fashion entrepreneurs and role of the business on women’s economic empowermentin Yogyakarta Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 6(2), 106–110. https://doi.org/10.18510/hssr.2018.6213 Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP-STIM YKPN. Munawir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Liberty; Yogyakarta, Odang, Nilam Kemala. 2021. “Analisis Profitabilitas Customer Berdasarkan Pendekatan Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC).” Jurnal Ekonomi Perjuangan 3 (1): 28–38. Ojasalo, J. (2008). Management of innovation networks: a case study of different approaches. European Journal of Innovation Management, Vol.11 Iss:1, pp.51 – 86 Potecca, V. & Cebuc, G. (2010). The importance of innovation in international business. Fascicle of The Faculty of Economics and Public Administration, 10, 157-161. Rainaldo M., Wibawa, B.M., Rahmawanti, Y. (2017) Analisis business model canvas pada operator jasa online ride-sharing (Studi kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains dan Seni ITS, 6 (2) : 234-239. Sunarni, C. W. (2020). Cost Structure Shifting in Dealing with a Dynamic Business Environment: Manufacturing Companies in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 9(3), 254–262. https://search.proquest.com/docview/2386936615?accountid=17242 Suripto, Astuti, Nurbawani, A., Sidharta, J., Purba, A. I., Wahyudi, I., . . . Zunaidi, A. (2021). Akuntansi Manajemen. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. Suryadi, Kadarsah, dan Muhammad Ali Ramdhani. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. The, I., & Sugiono, A. (2015). Akuntansi Informasi Dalam Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Grasindo. Widyastuti, T. (2017). Akuntansi Biaya Pendekatan Activity Based Costing. Yogyakarta: Expert. Yusuf, Haryono. (2005). Akuntansi Manajemen. Jilid II. Edisi ke-6 catatan Kedua. Liberty. Yogyakarta.


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record