Analisis Penerapan Struktur Pengendalian Internal Pada Siklus Pemberian Kredit CU. Bahagia Kabanjahe
Abstract
Koperasi merupakan suatu organisasi yang mendukung pertumbuhan ekonomi
masyarakat. Koperasi juga sering mengalami kredit macet yang dapat menghambat
pertumbuhannya. Untuk mencegah terjadinya peningkatan kredit macet yang akan
menghambat kegiatan perusahaan maka perlu dilakukan analisis terhadap pengendalian
internal pada koperasi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siklus pemberian kredit di CU.
Bahagia dan untuk menganalisis pengendalian internal pemberian kredit di CU. Bahagia
sudah memenuhi unsur-unsur COSO. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
yang dilakukan pada CU. Bahagia.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Siklus pemberian kredit yang dilakukan oleh
CU. Bahagia sudah memenuhi prosedur pemberian kredit, dan 2) Pengendalian internal
pemberian kredit di CU. Bahagia sudah memenuhi kelima komponen COSO. Namun,
terdapat beberapa prinsip yang kurang sesuai dengan struktur pengendalian internal
COSO. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan atas penerapan
pengendalian internal mencapai 54%, dengan kata lain pengendalian internal yang telah
diterapkan CU. Bahagia selama ini sudah cukup sesuai sengan unsur-unsur COSO. Cooperative is an organization that supports the economic growth of the
community. Cooperatives also often having bad loans that can hinder its growth. To
prevent an increase in bad credit which will hinder the company's activities, it is
necessary to conduct an analysis of internal control in the cooperative.
This research aims to find out the cycle of credit lending in CU. Bahagia and to
analyze internal control of lending at CU. Bahagia to have fulfilled the elements of
COSO. This research uses qualitative methods conducted by CU. Bahagia.
The result of this study is 1) Credit cycle conducted by CU. Bahagia has fulfilled
the procedure of lending, and 1) Internal control of credit giving at CU. Bahagia to have
fulfilled all five components of COSO. However, there are some principles that are not
in accordance with the internal control structur of COSO. This can be seen from the
observation results made on the implementation of internal control reaches 54%, in other
words, the internal control that has been implemented by CU. Being happy has been
quite in line with the elements of COSO.