Desain dan Penerapan Model Pembelajaran Akuntansi Melalui Pendekatan Human Centered Design
Abstract
Kesulitan dalam proses pembelajaran yang dialami oleh mahasiswa
akuntansi dipengaruhi model pembelajaran yang diterapkan. Model pembelajaran
yang tepat akan mempengaruhi motivasi belajar dalam pencapaian prestasi belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan model pembelajaran akuntansi yang
inovatif dan efektif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah studi eksperimen dan
menggunakan pendekatan Human Centered Design dengan subjek penelitian
adalah mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar di program studi akuntansi.
Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan dengan metode
wawancara telepon dan kuisioner. Penelitian ini menghasilkan sebanyak tiga ide
yang dapat membantu mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran yaitu
Aplikasi Interactive Accounting Encyclopedia, Aplikasi Accounting To Do dan
Sistem Belajar Personal Learning. The difficulties in the learning process experienced by accounting students
are influenced by the learning model applied. The right learning model will affect
learning motivation in achieving learning achievement. The purpose of this
research is to create an innovative and effective accounting learning model. This
type of research is an experimental study and uses a Human Centered Design
approach with the research subjects being students who have difficulty learning in
the accounting study program. Data collection techniques from this study using
telephone interviews and questionnaires. This research produces three ideas that
can help students in following the learning process, namely the Interactive
Accounting Encyclopedia Application, Accounting To Do Application and Personal
Learning System.