dc.description.abstract | Persaingan yang semakin kompetitif dan kondisi ekonomi yang
lesu membuat antar lini bisnis coffeeshop sekarang ini membuat perusahaan harus
kreatif dalam membuat promosi yang baik agar dapat meningkatkan penjualan.
Oleh karena itu untuk meningkatkan penjualan, perusahaan harus menciptakan
social media promotion.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh social media
promotion terhadap keputusan pembelian di Goffee. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen yang berusia 17 hingga 43 tahun yang telah mengujungi dan
membeli produk dari ketertarikan instagram Goffee sekaligus mengikuti akun
instagram Goffee. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 130 orang.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non
Probability Sampling yaitu dengan metode Purposive Sampling. Analisis yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis linear berganda pada penelitian ini menunjukan
bahwa: (1) Context berpengaruh positif dengan nilai koefisien beta sebesar 0,473
dan tidak signifikan dengan nilai sig sebesar 0,111. (2) Communication
berpengaruh negative dengan nilai koefisien beta sebesar (-0,307) dan tidak signifikan dengan nilai sig sebesar 0,514. (3) Collaboration berpengaruh positif
dengan nilai koefisien beta sebesar 1,424 dan signifikan dengan nilai sig sebesar
0,000. (4) Connection berpengaruh positif dengan nilai koefisien beta sebesar 0,700
dan signifikan dengan nilai sig sebesar 0,031. (5) Content Creation berpengaruh
positif dengan nilai koefisien beta sebesar 0,777 dan signifikan dengan nilai sig
sebesar 0,008. (6) Content Sharing berpengaruh positif dengan nilai koefisien beta
sebesar 1,160 dan signifikan dengan nilai sig sebesar 0,000. (7) Connecting
berpengaruh positif dengan nilai koefisien beta sebesar (-0,191) dan signifikan
dengan nilai sig sebesar 0,598. (8) Community Building berpengaruh positif dengan
nilai koefisien beta sebesar 0,836 dan signifikan dengan nilai sig sebesar 0,000. (9)
context, communications, collaboration, connection, content creation, content
sharing, connecting, & community building berpengaruh secara bersama-sama
berpengaruh positif dengan nilai f hitung sebesar 31,708 dan signifikan secara
simultan terhadap keputusan pembelian. | id |
dc.description.abstract | Increasingly competitive competition and sluggish economic conditions
make the current line of coffee shops make companies have to be creative in making
good promotions in order to increase sales. Therefore to increase sales, companies
must create social media promotions.
This study aims to see, the influence of social media on purchasing
decisions at Goffee. The population in this study were consumers aged 17 to 43
years who had visited and purchased products from their interest in Instagram
Goffee as well as following the Goffee Instagram account. The number of samples
in this study were 130 people. The sampling technique in this study used the Non
Probability Sampling technique, namely the purposive sampling method. The
analysis used is multiple linear regression analysis.
The results of multiple linear analysis in this study indicate that: (1)
Context has a positive effect with a beta coefficient value of 0.473 and insignificant
with a sig value of 0.111. (2) Communication has a negative effect with a beta
coefficient value of (-0.307) and insignificant with a sig value of 0.514. (3)
Collaboration has a positive effect with a beta coefficient value of 1.424 and
significant with a sig value of 0.000. (4) The relationship has a positive effect with the beta coefficient value of 0.700 and significant with a sig value of 0.031. (5)
Content creation has a positive effect with a beta coefficient value of 0.777 and
significant with a sig value of 0.008. (6) Content sharing has a positive effect with
a beta coefficient value of 1.160 and significant with a sig value of 0.000. (7)
Connecting a positive effect with the beta coefficient value of (-0.191) and
significant with a sig value of 0.598. (8) Community development has a positive
effect with a beta coefficient value of 0.836 and significant with a sig value of 0.000.
(9) context, communication, collaboration, connection, content creation, content
sharing, relationship & community building have a positive effect together with the
f value of 31,708 and simultaneously significant on purchasing decisions. | en |