Pengelompokan Menu Berdasarkan Analisis Menu Enginerring di Erni's Burger
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menu engineering di Erni’s Burger dan mengklasifikasi menu menggunakan pendekatan menu engineering guna menentukan jenis makanan yang dijual. Penelitian ini menggunakan metode analisis menu engineering yang membagi menu ke dalam empat kategori: Star, Plowhorse, Puzzle, Dog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 19 jenis menu yang diteliti, 21.05% atau 4 jenis makanan masuk kategori Star, 36,84% atau 7 jenis makanan dalam kategori Puzzle, 26.31% dalam kategori Plowhorse, dan 15.76% kategori Dog. Untuk meningkatkan penjualan disarankan menggunakan strategi pemasaran terpadu yaitu memperkuat mutu dan promosi untuk menu yang termasuk kategori Star, mengelola biaya dan penyesuaian harga untuk menu yang termasuk kategori Plowhorse, mengevaluasi popularitas untuk menu yang termasuk kategori Puzzle, dan meningkatkan kualitas dan promosi untuk menu yang termasuk kategori Dog. Implementasi strategi ini diharapkan dapat membantu Erni’s Burger dalam menyusun portofolio menu yang sesuai dengan preferensi pasar dan dapat memberi lebih besar keuntungan.