Strategi Pemasaran Anggrek Dendrobium Berdasarkan Bauran Pemasaran 2P (Tempat dan Promosi) pada Kebun Anggrek Pelajar Kota Medan
Abstract
Sektor pertanian merupakan salah satu penyumbang devisa negara dalam pembangun ekonomi Indonesia dan memiliki beberapa subsektor yang meliputi tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, jasa pertanian, dan hortikultura. Subsektor hortikultura di Indonesia terbagi menjadi buah-buahan, sayuran, tanaman obat dan tanaman hias. Tanaman hias adalah bagian dari tanaman hortikultura yang digunakan untuk menciptakan keindahan dan kenyamanan dalam ruang tertutup atau terbuka. Salah satu komoditi yang berpotensi untuk dikembangkan adalah anggrek dendrobium. Kebun Anggrek Pelajar merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang tanaman hias anggrek. Permasalahan yang dialami oleh Kebun Anggrek Pelajar saat ini adalah terjadinya fluktuasi penjualan dikarenakan tidak adanya strategi pemasaran yang baik, serta kegiatan promosi yang monoton sehingga menimbulkan tidak adanya inovasi baru pada promosi dan tempat pada Kebun Anggrek Pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal serta menentukan alternatif strategi dengan menggunakan matriks IE dan QSPM. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan metode deskriptif, dan analisis yang digunakan adalah analisis IFE, EFE, IE dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis IFE diperoleh bobot total sebesar 2,82 dan analisis EFE sebesar 2,71 dan hasil dari analisis IE yaitu mendapatkan kuadran V, Adapun kuadran V yang didapat yaitu merupakan mempertahankan dan menjaga. Berdasarkan hasil analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), strategi penetrasi pasar menjadi prioritas utama karena memiliki TAS (Total Attractiveness Score) sebesar 6,01. Adapun strategi yang
perlu diterapkan pada Kebun Anggrek Pelajar yaitu penetrasi pasar, dalam penetrasi pasar ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu ikut serta dalam pameran dan event khusus, lebih aktif lagi di media sosial dalam melakukan kegiatan promosi yang melalui Instagram, facebook serta aktif dalam e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia dalam melakukan kegiatan promosi dan penawaran, pembuatan kartu member, menawarkan diskon atau hadiah menarik, serta melakukan promosi di media cetak. Disisi lain Kebun Anggrek Pelajar juga perlu meningkatkan kenaikan penggunaan pelanggan melalui promosi yang baru, menarik pelanggan pesaing, menarik pelanggan yang berpotensial.