Analisis Brand Image dan Kualitas Produk PT. Sarang Tawon Sukses Abadi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran dan Café di Kota Medan (Studi kasus pada PT. Sarang Tawon Sukses Abadi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan
kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk pada PT. Sarang Tawon
Sukses Abadi di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
non probability sampling yaitu dengan metode purposive sampling. Analisis yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana instrumen penelitian
berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Restoran dan Café di Kota
Medan khususnya Restoran dan Café yang telah melakukan pembelian rutin. Uji
validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis sedangkan uji
reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image berpengaruh
positif dengan nilai koefisien beta 0.270 dan signifikan dengan tingkat kesalahan
5% dengan nilai signifikan 0.039, variabel kualitas produk berpengaruh positif
dengan nilai koefisien beta 0.485 dan signifikan dengan tingkat kesalahan 5%
dengan nilai signifikansi 0.000. Pengujian secara simultan yaitu brand image dan
kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai F 54.59 dan nilai
signifikan 0.000. Besarnya analisis brand image dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian (adjusted R
2
) adalah 0.599. Persamaan regresi yang diperoleh
adalah Y = -0.541 + 0.270 brand image + 0.485 kualitas produk + e This study aims to determine the effect of brand image and product quality
on product purchasing decisions at Incorporated Company of Sarang Tawon
Sukses Abadi in Medan City. The sampling technique used a non-probability
sampling technique, namely the purposive sampling method. The analysis used is
multiple linear regression analysis.
This research is quantitative research, where the research instrument is a
questionnaire. The population in this study are restaurants and cafes in Medan
City, especially restaurants and cafes that have carried out routine purchases. The
validity test of the instrument used Confirmatory Factor Analysis and the reliability
test used Alpha Cronbach.
The results of this study indicate that the brand image variable has a
positive effect with a beta coefficient of 0.270 and is significant with an error rate
of 5% with a significant value of 0.039, the product quality variable has a positive
effect with a beta coefficient value of 0.485 and is significant with an error rate of
5% with a significance value of 0.000. Simultaneous testing, namely brand image
and product quality have a positive and significant effect with an F value of 54.59
and a significant value of 0.000. The amount of analysis of brand image and product
quality on purchasing decisions (adjusted R2) is 0.599. The regression equation
obtained is Y = -0.541 + 0.270 brand image + 0.485 kualitas produk + e