Strategi Pemasaran Agrowisata Taman Eden 100 di Desa Sionggang Utara Kecamatan Lumban Julu Kabupaten Toba
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana segmentasi dan bauran pemasaran Taman Eden 100. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 201 orang dimana terbagi atas dua bagian yaitu responden untuk yang pernah berkunjung ke Taman Eden 100 dan calon pengunjung Agrowisata Taman Eden 100. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan dengan menggunakan wawancara, observasi langsung dan memberikan petunjuk data berupa kuesioner. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive quota sampling. Penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel, gambar, serta uraian. Pengolahan data ini menggunakan alat analisis data berupa Microsoft Excel. Hasil penelitian yang diperoleh adalah objek wisata Taman Eden 100 memiliki daya tarik yang menonjol, dengan sebagian besar pengunjung datang untuk tujuan rekreasi atau liburan. Selain itu, agrowisata juga memiliki karakteristik perilaku kunjungan yang memiliki peranan yang kuat adalah berkunjung bersama teman-teman. Objek wisata ini juga menawarkan berbagai fasilitas dan atraksi, seperti budidaya tanaman andaliman, pemandangan alam, air terjun, coffee shop, home stay, wisata outdoor, dan oleh-oleh berupa bibit andaliman maupun olahannya. Pengunjung memberikan pandangan positif terhadap fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh Taman Eden 100. Layanan Tour Guide, karyawan, dan pelayanan di reception dinilai baik oleh pengunjung. Pada penggunaan promosi lebih banyak dominan memilih media sosial sebagai salah satu akses untuk mencari informasi Taman Eden 100. Hasil strategi ini sebaiknya Taman Eden 100 berfokus kepada Strategi promosi dan produk. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang obyek wisata Taman Eden 100 dan preferensi pengunjungnya.