Show simple item record

dc.contributor.authorMustafa, Wahyu
dc.date.accessioned2024-10-08T04:24:18Z
dc.date.available2024-10-08T04:24:18Z
dc.date.issued2023-01-20
dc.identifier.urihttp://localhost:8080//handle/123456789/786
dc.description.abstractSemangka merupakan jenis tanaman semusim yang berpengaruh penting dalam perkembangan sosial ekonomi rumah tangga dan negara. Perkembangan budidaya tanaman semangka memiliki prospek yang cukup menjanjikan yang dapat meningkatan pendapatan para petani yang dimana daya tarik dari budidaya semangka ini terdapat pada nilai ekonomisnya yang cukup tinggi. Kendala dalam pemasaran sering terjadi di setiap perusahaan, yang dimana setiap perusahaan memiliki kendala pemasaran yang berbeda beda serta berbagai faktor masalah pemasaran. Kendala atau masalah yang banyak terjadi di suatu perusahaan adalah menurunnya penjualan produk yang disebabkan beberapa faktor dari bauran pemasaran maupun persaingan, baik kualitas produk, harga benih, keterjangkauan/tempat pembelian benih, kegiatan promosi benih serta daya saing produk benih semangka Napoli F1. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis serta mengetahui produk, harga, tempat, dan promosi benih semangka Napoli F1 yang diterima konsumen, mengetahui daya saing Napoli F1 terhadap competitor, menyusun rencana pemasaran terkait produk, harga, tempat, dan promosi benih semangka Napoli F1 dalam pengembangan pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2022 hingga November 2022 di Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan penggunaan model purposive quota sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa merek dan kemasan petani semangka tidak terlalu mengenal benih semangka BCA Napoli F1 dibanding benih semangka Panah Merah. Tetapi petani semangka yang menggunakan Napoli F1 juga dipengaruhi oleh merek dan kemasan yang memiliki informasi pada kemasannya, kualitas benih semangka Napoli F1 masih lemah dibanding produk pesaingnya dan belum memenuhi harapan petani. Benih Napoli F1 masih lemah dari segi ketahanan virus, daya tumbuh, dan berat buah 4-6 kg, yang dimana petani semangka memliki pandangan yang tinggi terhadap kualitas benih semangka berdasarkan tiga aspek tersebut. Harga yang dapat dijual untuk benih semangka BCA Napoli F1 Rp180.000,00 –Rp190.000,00 dengan harga optimal sebesar p190.000,00. Namun apabila harga lebih tinggi sebagian petani akan mencari benih semangka sejenis yang harganya lebih murah dari harga optimal, jenis toko/retail cukup berpengaruh dalam pembelian benih semangka yang behubungan dengan kertersediaan benih pada toko tersebut. Ketersediaan benih BCA Napoli F1 masih kurang dibanding dengan produk pesaing yang sudah menyeluruh di toko tani, promosi benih semangka Napoli F1 masih lemah dibandingkan dengan promosi produk pesaing. Promosi benih semangka Napoli F1 masih lemah dari segi klinik benih, pemberian sampel, kerabat, dan mulut ke mulut.en_US
dc.publisherPSAHen_US
dc.subjectSemangkaen_US
dc.subjectBauran pemasaranen_US
dc.subjectRencana pemasaranen_US
dc.subjectNapoli F1en_US
dc.subjectPT BENIH CITRA ASIAen_US
dc.subjectKabupaten Langkaten_US
dc.subjectCitrullus Lanatusen_US
dc.titlePerencanaan Pemasaran Benih Semangka Non Biji (Citrullus lanatus) Napoli F1 PT Benih Citra Asia Di Kabupaten Langkaten_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record