Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.authorSiahaan, Stefanus
dc.date.accessioned2024-10-08T03:59:01Z
dc.date.available2024-10-08T03:59:01Z
dc.date.issued2023-10-25
dc.identifier.urihttp://localhost:8080//handle/123456789/785
dc.description.abstractBenih memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman, dan benih berkualitas baik merupakan kunci keberhasilan dalam produksi pertanian. Tomat (Solanum lycopersicum) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang bernilai ekonomi tinggi. Belum tercapainya target penjualan PT Tri Berkat Agro, banyaknya petani tomat di Kecamatan berastagi yang menjadi salah satu target pasar, dan meningkatnya persaingan penjualan benih tomat di daerah tersebut, membuat PT Tri Berkat Agro berusaha meningkatkan penjualan, khususnya benih tomat Clause Kani F1. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukan penelitian terkait preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian benih tomat Clause Kani F1. Berdasarkan bauran pemasaran diantaranya produk, harga, tempat dan promosi, maka preferensi konsumen dapat disesuaikan dengan keinginan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui preferensi konsumen atas benih tomat Clause Kani F1 yang dibeli pelanggan di Kecamatan Berastagi, dan (ii) mengetahui preferensi petani tomat terhadap benih tomat yang baik dan paling disukai di Kecamatan Berastagi. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2022 di Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera utara. Penentuan responden dilakukan dengan metode non-probabilistic dan purposive quota sampling. Sebanyak 60 responden diperlukan pada penelitian dengan 20 responden dari setiap Desa Sempajaya, Raya dan Gurusinga. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa responden memiliki preferensi terhadap produk Clause Kani F1 dengan variabel daya tumbuh, ketahanan terhadap penyakit, warna buah, dan ketebalan kulit buah. Harga dan tempat tidak mempengaruhi konsumen dalam pembelian benih tomat. Promosi informasi yang tidak mempengaruhi konsumen adalah informasi poster, brosur, spanduk dan video online cara budidaya, pameran, promosi toko/kios. Preferensi konsumen yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian benih tomat adalah dengan cara melakukan demplot di lahan petani, kunjungan penyuluhan atau sales perusahaan, demplot produsen benih, dan kunjungan petani ke demplot.en_US
dc.publisherPSAHen_US
dc.subjectBenih Tomaten_US
dc.subjectPreferensi konsumenen_US
dc.subjectBauran pemasaranen_US
dc.subjectKecamatan Berastagi Kabupaten Karoen_US
dc.subjectClause Kani F1en_US
dc.titlePreferensi Petani Terhadap Benih Tomat Clause Kani F1 di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karoen_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana