Analisis Unsur- Unsur Marketing Mix (4P) Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Di PT. Putra Surya Jaya Raya Mandailing Natal, Kabupaten Deli Serdang.
Abstract
Mengkaji dampak pemasaran empat P terhadap minat calon konsumen untuk membeli sepeda motor dari PT. Putra Surya Jaya Raya Mandailing Natal menjadi tujuan utama penelitian ini. Metode penelitian kuantitatif yang dipakai. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Sebanyak 527 orang menjadi populasi penelitian. Untuk penelitian ini, 84 orang dijadikan sebagai sampel. Sumber primer dan sekunder dikonsultasikan untuk mendapatkan data. Untuk studi data ini digunakan SPSS versi 25, menggunakan prosedur yang dibangun dari analisis regresi linier berganda. Korelasi yang penting dan signifikan secara statistik antara minimum produk dan harga jual ditemukan dalam penelitian PT. Putra Surya Jaya Raya. Selain itu, nilai thitung sebesar 13,716 > 1,98861 menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap PT. Tertarik membeli Putra Surya Jaya Raya. Selain itu, dengan nilai t-hitung 9,019 > 1,98861 maka variabel Tempat berpengaruh signifikan terhadap PT. Tertarik membeli Putra Surya Jaya Raya. Nilai t-hitung sebesar -9,270 memperlihatkan jika terakhir variabel Promosi tidak
memiliki pengaruh variabel Minat Beli. Terlihat jelas bahwa keempat variabelnya memiliki pengaruh baik kepada PI secara simultan sebab nilai F sebesar 227,769 > 2,48. Produk, Harga, Tempat, dan Promosi menyumbang 92,0% faktor yang mempengaruhi minat beli, menurut uji determinasi (R2), dengan variabel tambahan menyumbang 8,0%.
Kata Kunci : Produk, Harga, Tempat, Promosi dan Minat Beli