Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Kaos merek Cok Ko Tengok di Kota Medan
Abstract
Penelitian ini membahas tentang masalah ketidakstabilan jumlah penjualan kaos lokal
dengan tema yang mengangkat budaya batak yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran,
sehingga keputusan pembelian konsumen terhadap kaos Cok Ko Tengok kurang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa besar pengaruh bauran pemasaran
terhadap keputusan pembelian kaos merek Cok Ko Tengok di Kota Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam
penelitian ini adalah jumlah pelanggan yang membeli kaos merek Cok Ko Tengok di Kota
Medan, pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin menghasilkan sampel sebanyak 78
orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling secara accidental.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis
jalur dengan bantuan analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi (R-Square)
dan uji signifikansi (T-Test).
Di dalam penelitian ini, variabel produk memiliki pengaruh yang dominan adalah
variabel produk, variabel harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kaos merek Cok
Ko Tengok di Kota Medan. Sedangkan yang tidak berpengaruh adalah variabel saluran
distribusi
Penelitian ini selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Febriana et al (2016) yang
menyatakan variabel produk mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan
variabel yang lainnya maka variabel Produk mempunyai pengaruh yang dominan terhadap
keputusan pembelian. Dan peneliti menolak penelitian yang dilakukan oleh Wahid (2017) yang
menyatakan variabel harga paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. This research discusses the instability of the number of sales of local shirts with
themes that lift the culture of batak influenced by the marketing mix, which cause consumer
purchasing decisions on Cok Ko Tengok T-Shirt’s is less satisfactory. This research aims to
show how much influence of marketing mix on the decision to buy T-shirt brand Cok Ko
Tengok in Medan City.
This research is a quantitative research with survey method. The population in this
study is the number of customers who bought brand Cok Ko Tengok T-Shirt’s in Medan City,
sampling using Slovin formula produces a sample of 78 people by accidental-based purposive
sampling technique. Data collection techniques using questionnaires have been tested for
validity and reliability. Data analysis techniques being used to answer the hypothesis is path
analysis with the help of multiple linear regression analysis and test coefficient of
determination (R-Square) and significance test (T-Test).
In this research, product variables have dominant influence are product variables,
price variables, and promotion of purchasing decision of Cok Ko Tengok T-Shirt’s brand in
Medan City. Where as it doesn’t affect the distribution variable.
This research is consistent with research done by Febriana et al (2016) which stated
that product variable has the strongest influence compared to other variable therefore Product
variable has dominant influence to purchasing decision. And the researchers reject the
research conducted by Wahid (2017) which stated that price variables are the most influential
on purchasing decisions.