Desain Customer Relationship Management (CRM) untuk sentralisasi Hubungan Pelanggan dan Data Pelanggan MB Protech.
Abstract
MB Protech adalah usaha ritel aksesoris perangkat elektronik yang terdiri dari 4 anak usaha yaitu; Mixbearly, MB Exclusive Store, MSe Acc, iSsential. Meski hubungan pelanggan adalah hal yang penting ketika berbicara tentang usaha yang memiliki barrier to entry yang rendah, MB Protech belum memiliki manajemen hubungan pelanggan yang baik. Hubungan pelanggan dan data pelanggan MB Protech menjadi terdesentralisasi sebagai akibat dari banyaknya saluran yang dikelola sehingga menyebabkan beberapa masalah seperti respons terhadap pesan yang lambat hingga data pelanggan yang tidak akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu desain Customer Relationship Management yang dapat sentralisasi hubungan pelanggan dan data pelanggan MB Protech. Penelitian dilakukan secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan tahapan yang ditetapkan yaitu; identifikasi kondisi awal bisnis, analisis kebutuhan, studi pustaka, pembuatan desain, analisis data, penulisan laporan. Data yang dipakai pada penelitian ini terdiri dari; fitur chat, identitas pelanggan, produk yang dibeli, daftar FAQ, dan jumlah persediaan. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan sumber data. Hasil analisis menunjukkan bahwa desain yang dibuat mampu menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan desain dibuat. Desain ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh MB Protech sebagai pedoman untuk membuat CRM yang dapat sentralisasi hubungan pelanggan dan data pelanggan.
Kata kunci: Sentralisasi, Hubungan Pelanggan, Data Pelanggan