Show simple item record

dc.contributor.advisorSitumeang, Chandra
dc.contributor.authorSipayung, Giovana Setiarini
dc.date.accessioned2021-01-26T08:39:15Z
dc.date.available2021-01-26T08:39:15Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repositori.wbi.ac.id/handle/123456789/57
dc.descriptionxiii, 70 p.
dc.description.abstractPerkembangan dunia pendidikan di Indonesia saat ini sangatlah pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bermunculan sekolah-sekolah swasta khususnya untuk tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah sebagai salah satu organisasi nirlaba melakukan banyak aktivitas baik itu penerimaan maupun pengeluaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Adanya aktivitas tersebut pada sekolah membuat pengelolaan keuangan sangat dibutuhkan karena pembiayaan pendidikan bukan hanya tentang bagaimana pendidikan tersebut dibiayai, tetapi bagaimana dana yang ada dapat dialokasikan dengan baik.Oleh karena itu, sistem akuntansi dan pelaporan keuangan sangat dibutuhkan pada sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi nyata meliputi kendala, potensi dan kemungkinan implementasi sistem akuntansi berbasis PSAK 45 dan untuk menghasilkan sistem akuntansi sederhana dan laporan keuangan berbasis PSAK 45. Tempat dilakukan penelitian ini yaitu di SMK ST Nahanson Parapat. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah SMK ST Nahanson belum menerapkan sistem akuntansi dan belum membuat laporan keuangan sesuai PSAK 45. Laporan keuangan yang dibuat oleh SMK ST Nahanson adalah laporan laba rugi, laporan perubahan saldo kas, dan laporan rekapitulasi pengeluaran kas. Penelitian ini diharapakan berguna dan diterapkan pada SMK ST Nahanson Parapat.en_US
dc.description.abstractThe development of education in Indonesia is very fast. It can be seen from the number of private schools that have sprung up specifically for the vocational high school level (SMK). Schools as one of the nonprofit organizations do a lot of activities both the acceptance and expenditure to improve the quality of education. The existence of such activities in schools makes financial management necessary because educational finance is not just about how the education is funded, but how funds can be allocated properly. Therefore, financial accounting and reporting systems are needed in schools. The purpose of this research is to know the real condition covering constraints, potential and possible implementation of accounting system based on PSAK 45 and to produce simple accounting system and financial report based on PSAK 45. The place of this research is at SMK ST Nahanson Parapat. The method of this research is descriptive method. Data analysis technique used is qualitative analysis. The result of this research is SMK ST Nahanson has not applied accounting system and has not made financial report according to PSAK 45. Financial report made by SMK ST Nahanson is income statement, cash balance change report, and cash expenditure recapitulation report. This research is expected to be useful and applied to SMK ST Nahanson Parapat.en
dc.publisherPoliteknik Wilmar Bisnis Indonesiaen_US
dc.subjectPSAK 45
dc.subjectSchoolen
dc.subjectSystemen
dc.subjectAccountingen
dc.titlePerancangan Sistem Akuntansi Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45 Pada SMK St Nahanson Parapat Sipoholonid
dc.typeStudent Paperen_US
dc.identifier.nim1502020006


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record