Analisis Profitabilitas Customer Berdasarkan Pendekatan Time-driven Activity-based Costing (TDABC)
Abstract
Persaingan yang semakin ketat menyebabkan pihak manajerial membutuhkan informasi yang akurat mengenai struktur biaya dan profitabilitas customer. Informasi tersebut diharapkan dapat membantu pihak manajerial dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perhitungan kos tradisional dengan penghitungan kos yang menggunakan pendekatan time-driven activity-based costing (TDABC) serta menganalisis profitabilitas customer dengan pendekatan TDABC. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan Hotel X sebagai objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan kos dengan pendekatan kos tradisional tidak menghasilkan informasi yang detail, sedangkan hasil perhitungan kos dengan pendekatan TDABC memberikan informasi yang transparan mengenai biaya yang dikonsumsi dan laba yang diperoleh untuk setiap segmen customer. Hal tersebut dapat membantu pihak manajerial untuk menganalisis profitabilitas customer dan melakukan upaya-upaya agar setiap segmen customer tetap loyal dan menguntungkan. Selain itu, terdapat kapasitas yang tidak digunakan cukup besar yang baru diketahui ketika perhitungan kos dengan pendekatan TDABC dilakukan.