Perencanaan Pemasaran Tanaman Hias Petunia (Petunia hybrid) Berbasis Bauran Produk dan Harga Pada PT. Bina Usaha Flora Cianjur Jawa Barat.
Abstract
Tanaman hias termasuk salah satu komoditas hortikultura yang perkembangannya termasuk cepat karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati terutama di PT.Bina Usaha Flora (PT.BUF) adalah petunia (Petunia hybrid). Produksi dan penjualan petunia di PT BUF cukup banyak, namun penjualannya tergolong tidak stabil atau tidak banyak berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran dan menghasilkan desain pemasaran yang diperlukan dalam meningkatkan penjualan petunia di PT BUF. Penelitian
dilakukan di PT. Bina Usaha Flora Cianjur, Jawa Barat selama 3 bulan dari bulan April sampai Juni 2021. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana penelitian ini menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dengan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna yang paling disukai konsumen adalah petunia mix disusul petunia putih dan merah. Bentuk bunga paling disukai adalah saat kuncup dan rimbun. Kemasan yang paling disukai adalah diberi kawat penggantung. PT BUF memproduksi bunga petunia dalam jumlah besar dengan ketahanan produk juga baik. Untuk harga tertinggi yang dapat dibayarkan oleh konsumen Rp.14.000 sampai dengan Rp. 15.000 dengan persaingan menurunkan harga jual tidak dapat dilakukan PT BUF dikarenakan menjaga kualitas barang sangat penting untuk menjaga selera konsumen terhadap produk bunga petunia.