dc.contributor.advisor | Situmorang, Aston L. | |
dc.contributor.advisor | Ferawati | |
dc.contributor.author | Sumarto, Faisal | |
dc.date.accessioned | 2021-01-19T08:16:52Z | |
dc.date.available | 2021-01-19T08:16:52Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.wbi.ac.id/handle/123456789/46 | |
dc.description | xi, 62 p. | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem perhitungan biaya yang berdasarkan aktivitas. Dalam menghitung atau mengukur besaran biaya di instansi pendidikan seperti sekolah dapat menggunakan metode Activity Based Costing
sebagai alternatif untuk mencari harga pokok dari kegiatan pendidikan setiap siswa di sekolah Budisatrya. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif
dipilih dengan tujuan untuk menggambarkan data mengenai keadaan objek dalam penelitian yang telah dikumpulkan melalui dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Perhitungan biaya pendidikan setiap siswa dalam satu tahun dengan metode Activity Based Costing sebesar Rp 3.647.040 untuk kelas X, Rp 3.541.531 untuk kelas XI, dan Rp 2.870.705 untuk kelas XII. Perhitungan biaya pendidikan setiap siswa dalam satu bulan sebesar Rp 306.170 untuk kelas X, Rp 295.128 untuk kelas XI, dan Rp 239.225 untuk kelas XII. Sehingga terjadi undercosted pada kelas X sebesar Rp 5.104, undercosted pada kelas XI sebesar Rp 3.641, dan overcosted pada kelas XII sebesar Rp 7.964 jika dihitung berdasarkan aktivitas yang dilakukan sekolah. | id |
dc.description.abstract | This study aims to for implementing the system the cost of who by virtue of the activity. In counting or measure the size of the cost in education authorities as schools could use a method of activity based costing as an alternative to looking for the cost of goods sold of educational activities every budisatrya’s students in a school. A kind of research methods that were used in this research was descriptive research methods. Descriptive research methods were selected in the purpose of describing data on the condition of objects in the test which has been collected through documentation. The data collection was done by means of interview, observation, and documentation.
Calculation the cost of education each student in one year with the methods activity based costing Rp 3.647.040 for the class X, Rp3.541.551 for the class XI, and Rp 2.870.705 for the class XII. Calculation the cost of education each student in a month Rp 301.170 for the class X, Rp 295.128 for the class XI, and Rp 239.225 for the class XII. So there were undercosted on class X Rp 5.104, undercosted on class XI Rp 3.641, and overcosted on class XII Rp 7.964 if calculated virtue of the activity has made the schools
. | en |
dc.language.iso | en | en_US |
dc.publisher | Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia | en_US |
dc.subject | Activity Based Costing | en_US |
dc.subject | Biaya pendidikan | id |
dc.title | Penerapan Activity Based Costing (ABC) Sebagai Alternatif Untuk Menghitung Tarif Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Pada Yayasan Pendidikan Budisatrya Unit SMA | id |
dc.type | Working Paper | en_US |
dc.identifier.nim | 1502010005 | |