Desain Cost-Volume-Profit Analysis Pada Toko Kamila
Abstract
Desain Cost-Volume-Profit Analysis Pada Toko Kamila. Dibimbing oleh NILAM KEMALA ODANG.Dunia usaha dihadapkan pada berbagai tantangan dan rintangan. Salah satunya ialah tingkat kompetisi antar pelaku usaha. Oleh karena itu, Perusahaan harus melakukan perencanaan laba agar laba yang diperoleh dapat mencapai titik optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis cost-volume-profit pada barang dagang dan barang produksi pada Toko Kamila. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli hingga September 2022 di UMKM Toko Kamila, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan triangulasi data dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan Contribution Margin sebesar 20% atau senilai Rp 100.999.000, Break-even point sebesar Rp 178.329.540 dengan unit terjual 11.273, Margin of safety sebesar 65%, degree of operating leverage sebesar 153%, Shutdown point sebesar Rp 119.021.055 setara dengan 7.524 unit. Target laba untuk periode
selanjutnya 30% dari penjualan sebesar 153.525.000, maka penjualan harus ditingkatkan sebanyak 60.445 produk atau senilai Rp 956.222.576. Contribution margin pada UMKM Toko Kamila menunjukkan bahwa total Contribution margin mampu menutupi biaya tetapperusahaan. Total break-even point dapat dicapai dengan nilai yang relatif rendah dari penjualan. Margin of safety menunjukan nilai yang tinggi artinya semakin tinggi nilaiMargin of safety menunjukan perusahaan tidak dalam bahaya, Degree of operating leverage menunjukan nilai optimal karena kenaikan penjualan akan diikuti kenaikan laba perusahaan, Target laba dapat dicapai jika adanya konsistensi penjualan, peningkatan pemasaran dan menjaga loyalitas pelanggan, Shutdown Point dapat terjadi ketika perusahaan tidak mampu menutupi biaya tetap non tunai.