Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Goride Gojek di Kabupaten Deli Serdang
Abstract
Perkembangan bisnis dibidang transportasi online sangat diminati oleh masyarakat.
Dalam hal ini, peneliti melakukan penelitian pada salah satu perusahaan
transportasi online yaitu Gojek. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan
menganalisis pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa
pengguna goride Gojek di Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian yang
digunakan yakni penelitian Kuantitatif, Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan pendekatan accidental
sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan melalui kuesioner/angket
dengan sampel berjumlah 100 orang responden, Penelitian ini menggunakan
metode analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian yang menggunakan uji T diketahui
bahwa harga (XI) berpengaruh secara positif terhadap kepuasan mahasiswa (Y).
sedangkan kualitas layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan mahasiswa (Y). Ini menunjukan bahwa variabel kualitas layanan (X2)
memiliki pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan mahasiswa (Y).
Sedangkan uji F harga (XI) kualitas layanan (X2) berpengaruh secara simultan
terhadap kepuasan mahasiswa (Y). Dan hal ini juga bisa dilihat dari besarnya nilai
Adjusted R Square yaitu sebesar 0,665. The development of business in the online transportation sector is in great demand
by the public. In this case, the researcher conducted research on one of the online
transportation companies, namely Gojek. This research aims to determine and
analyze the effect of price and service qualify on student satisfaction of Gojek
goride users in Deli Serdang Regency. The type of research used is quantitative
research. The sampling technique used is nonprobability sampling technique with
accidental sampling approach. Data were collected using a questionnaire /
questionnaire with a sample of 100 respondents. This study uses multiple linear
regression analysis methods and hypothesis is carried out using the T test and F test. The results of the study using the T test show that price (XI) has a
positive and significant effect 011 student satisfaction (Y), While the quality of service
(X2) has a positive and significant effect on student satisfaction (Y). This Shows that the services quality variable (X2) has a dominant influence in influencing student satisfaction (Y). While the F test price (XI) and service quality (X2) simultaneously
affect student satisfaction (Y). And this can also be seen from the value of the
Adjusted R Square, which is 0.665.