Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.authorLimbong, Junita Esteria
dc.date.accessioned2023-09-07T05:05:53Z
dc.date.available2023-09-07T05:05:53Z
dc.date.issued2023-01-30
dc.identifier.urihttp://localhost:8080//handle/123456789/499
dc.description.abstractSayuran merupakan salah satu komoditas hortikultura yang berkembang pesat di Indonesia. Permintaan sayuran meningkat lima kali lebih tinggi selama pandemi. Peningkatan penjualan Tante Sayur di tahun 2019-2020 sebanyak 106.93% (10.028), tahun 2021 mengalami penurunan sebanyak 46.37% (6.148). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pasar dalam keputusan pembelian sayuran yang diinginkan konsumen di Tante Sayur dan merumuskan bauran pemasaran produk dan harga dalam meningkatkan penjualan sayuran di Tante Sayur. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Agustus 2022–September 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling, Quota sampling. Jumlah responden sebanyak 120 orang yang berada di daerah Jabodetabek, yang terdiri dari 60 konsumen Tante Sayur dan 60 responden yang bukan Tante Sayur. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi pasar konsumen Tante Sayur berada di DKI Jakarta, perempuan berumur 26-45 tahun, yang sudah menikah dan memiliki anggota keluarga 3-4 orang dengan pendidikan terakhir Diploma 4/S1, pegawai swasta, dan pendapatan konsumen di atas Rp8.000.001 (delapan juta satu rupiah). Memiliki kebiasaan selalu mengonsumsi sayuran secara dan berolahraga. Konsumen suka belanja online dan biasanya berbelanja <5 kali perbulan. Variabel produk sangat penting terhadap keputusan pembelian sayuran. Kesegaran dan kebersihan menjadi hal yang penting pada kualitas produk. Kemasan yang disukai konsumen Tante Sayur adalah kardus. Kualitas pelayanan mengenai kemudahan pemesanan, kecepatan merespon konsumen, dan kecepatan proses pesanan sudah cukup baik menurut konsumen Tante Sayur. Variabel informasi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Fluktuasi harga terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu konsumen membeli produk lain yang lebih murah, membeli jumlah sayuran dikurangi, dan membeli jumlah sayuran yang sama. Pendapat konsumen mengenai harga produk Tante Sayur rata-rata mahal, dan konsumen mempertimbangkan pembelian pada saat adanya tambahan ongkos kirim. Pada jumlah ongkos kirim keputusan konsumen ketika semakin tinggi rendah nilai ongkos kirim semakin banyak jumlah pembeli. Pada pembelian produk minimal Rp100.000, rata rata konsumen memilih Rp20.000. Metode pembayaran kebanyakan konsumen menggunakan transfer bank.en_US
dc.publisherPSAHen_US
dc.subjectBauran Pemasaranen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.subjectSayuran.en_US
dc.subjectTante Sayur Jakartaen_US
dc.subjectPeningkatan Penjualanen_US
dc.titleStrategi Bauran Pemasaran Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Untuk Meningkatkan Penjualan Sayuran di Tante Sayur Jakarta.en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana