Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.authorHutagalung, Yelly A
dc.date.accessioned2023-09-07T04:52:48Z
dc.date.available2023-09-07T04:52:48Z
dc.date.issued2022-12-08
dc.identifier.urihttp://localhost:8080//handle/123456789/498
dc.description.abstractTanaman hias termasuk salah satu komoditas hortikultura yang perkembangannya termasuk cepat karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati terutama di PT BUF adalah marigold (Tagetes erecta L.). Produksi dan penjualan marigold di PT BUF cukup banyak, namun penjualannya tergolong stagnan atau tidak banyak berkembang. Sementara itu masih terdapat sisa produksi yang cukup banyak yang berpotensi untuk meningkatkan penjualannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor segmentasi pasar dan bauran pemasaran yang diperlukan dalam meningkatkan penjualan marigold di PT BUF. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan aktivitas yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Alat yang digunakan untuk analisis data adalah Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan segmentasi psikografis, konsumen menyukai marigold untuk pembuatan taman, bunga papan, dan karangan bunga. Berdasarkan faktor segmentasi geografis dapat dikatakan bahwa keterjangkauan tempat merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli marigold. Berdasarkan faktor-faktor bauran pemasaran yaitu product (produk) untuk warna bunga yang bisa ditingkatkan produksinya adalah marigold warna kuning, penggunaan pot dapat dipertimbangkan dalam variasi wadah, dan untuk pengemasan juga dapat dilakukan dengan kemasan plastik. Karakteristik produk marigold yang perlu diperhatikan adalah warna bunga, kematangan kuncup bunga, dan warna daun. Berdasarkan faktor price (harga) maka harga marigold merupakan hal yang paling utama dipertimbangkan dalam pembelian marigold, hasil penelitian menunjukkan bahwa harga rata-rata yang diterima konsumen untuk marigold dalam pot yaitu Rp7983 dan marigold dalam polybag yaitu Rp 6178. Untuk promotion (promosi) penggunaan media sosial Instagram dan Facebook dapat ditingkatkan lagi dalam memperkenalkan marigold. Berdasarkan faktor place (tempat) maka dapat diperhatikan tata letak dari PT BUF tersebut untuk memudahkan konsumen yang datang, selain itu penjualan melalui marketplace juga layak dipertimbangkan.en_US
dc.publisherPSAHen_US
dc.subjectSegmentasi Pasaren_US
dc.subjectBauran Pemasaranen_US
dc.subjectMarigolden_US
dc.subjectPT BUFen_US
dc.subjectTagetes erecta Len_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Tanaman Hias Marigold (Tagetes Erecta L.) di PT Bina Usaha Flora (BUF), Cianjur, Jawa Barat.en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana